Tradeshow kembali mengadakan event yang mendukung produk-produk lokal, kali ini menghadirkan sebuah marketplace bernama Superb Corner. Dalam rangka mendukung well-balanced lifestyle, Superb Corner menghadirkan berbagai tenant yang bergerak di bidang wellness, fashion, desain, hingga kuliner. Acara yang berlokasi di Roosseno Plaza, Kemang, Jakarta Selatan ini diselenggarakan pada 3-4 Juni 2023.
Selain bergerak di bidang wellness, berbagai macam tenant yang hadir di sini juga memiliki agenda yang sama dalam hal sustainability. Misalnya saja, di acara ini para KOL diundang untuk membuka lapak yang menjual barang-barang pribadi mereka dengan harga miring. Tenant F&B didominasi oleh makanan dan minuman kesehatan, seperti Seriously Keto yang menjual makanan rendah kalori serta Ramu Raga yang menjual artisan kombucha. Sementara itu untuk tenant non F&B, ada berbagai macam brand lokal yang menjual produk wellness seperti Esscentials dan Stoneroot Essentials. Lalu ada pula tenant yang menjajakan produk fashion serta art and craft seperti Made by Kwik dan Manique.co.
Marketplace yang dihadirkan Tradeshow ini tidak hanya bertujuan untuk mempertemukan para tenant dengan konsumen, tapi juga menjadi ruang dialog bagi mereka yang sama-sama memiliki ketertarikan di bidang wellness. Hal ini dibuktikan dengan adanya rangkaian talkshow yang mengundang pemilik brand, para ahli, serta KOL untuk berbicara mengenai dampak dari produk yang ada di marketplace ini. Salah satunya yaitu talkshow bertajuk Together, We can Make Amazing Changes yang diselenggarakan pada hari kedua yaitu 4 Juni 2023.
Talk show ini menghadirkan beberapa pembicara, yaitu Oka dan Anggi selaku founder brand Ozée, dr. Putra Ismaya (Obgyn), aktivis lingkungan hidup Gita Syahran, serta influencer Nadila Ernesta. Ozée sendiri merupakan brand period underwear yang menawarkan alternatif produk kesehatan reproduksi ramah lingkungan.
Ozée dimulai dari keresahan para founder-nya, Oka dan Anggi, yang melihat sampah sebagai salah satu isu lingkungan paling genting di Indonesia. "Tahun 2020 waktu pandemi, I had this environmental anxiety, aku tinggal di Singapura dan aku nggak lihat ada sampah. Tapi begitu sampai di Indonesia, setiap sudut ada sampah," kata Oka. Berangkat dari permasalahan itu, ia berusaha mencari alternatif yang bisa dilakukan untuk memulai perubahan dari diri sendiri.
Selain mengatasi permasalahan sampah, period underwear juga hadir sebagai alternatif dari menstrual cup yang belakangan sudah banyak dijual. Menurut dr. Putra Ismaya, period underwear lebih dianjurkan dibandingkan menstrual cup dan pembalut. Pasalnya, menstrual cup menampung darah dan cairan vagina yang seharusnya dibiarkan keluar. Sementara itu, produk pembalut mengandung bahan-bahan kimia dan pewangi yang membuatnya tidak alami dan bisa menyebabkan iritasi.
Ozée adalah salah satu contoh praktik bisnis yang sedari awal didesain untuk menguntungan secara lingkungan maupun sosial, dan oleh karenanya harus didukung. Begitu juga dengan bisnis-bisnis lain yang ada di Superb Corner. Seperti yang diungkapkan oleh aktivis lingkungan Gita Syahran, acara ini lebih dari sekedar marketplace, melainkan upaya untuk menciptakan ekosistem di mana bisnis berkelanjutan bisa mendukung satu sama lain dan akhirnya memberikan dampak yang lebih luas.
(cxo/tim)