Singapore Tourism Board (STB) terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata ke Singapura dari Indonesia pascapandemi dengan menciptakan strategi khusus. Pada 13 April kemarin, STB menjalin kerja sama dengan beberapa mitra di Indonesia, seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) dan GDP Venture. Kerja sama ini memiliki tujuan memperluas jangkauan STB dalam mempromosikan Singapura sebagai pilihan destinasi wisata menarik bagi masyarakat Indonesia melalui campaign yang terintegrasi sepanjang 2023.
"Kemitraan strategis ini bertujuan untuk memperluas jangkauan STB dalam mengeksplorasi potensi pasar Indonesia dan menunjukkan inisiatif STB dalam mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan penerimaan pariwisata di Singapura," jelas John Gregory Conceicao, Executive Director Singapore Tourism Board South East Asia.
Melalui kerja sama ini, nantinya STB dan GDP Venture akan meluncurkan kampanye pemasaran terintegrasi untuk memperluas jangkauan konsumen dan mempromosikan Singapura sebagai destinasi wisata yang menarik.
"Kami menyambut baik kerjasama strategis antara Singapore Tourism Board dan GDP Venture. Fokus kerja sama ini untuk mengatasi tantangan sektor pariwisata pasca pandemi. Kami yakin ekosistem bisnis GDP Venture akan memberikan keuntungan dan membantu menarik wisatawan generasi baru ke Singapura," tambah Danny Wirianto, Chief Marketing Officer GDP Venture.
Kerja sama dengan ASTINDO pun merupakan satu wujud komitmen untuk menjalin kolaborasi dengan travel intermediary penting di dalam ekosistem travel Indonesia. "Kami dengan bangga bekerja sama dengan Singapore Tourism Board dan akan memanfaatkan kekuatan ASTINDO sebagai asosiasi agen perjalanan terdepan di Indonesia untuk lebih berkontribusi secara positif kepada perjalanan luar negeri terutama dari kota-kota besar lainnya di Indonesia ke Singapura," ucap Pauline Suharno, Ketua Umum ASTINDO.
Banyak Event Terbaru di Singapura pada Tahun 2023
STB terus berupaya untuk meningkatkan daya tarik Singapura sebagai destinasi wisata dengan mendukung pengembangan produk dan pengalaman baru. Salah satu contohnya dengan kehadiran taman burung baru Singapura, Bird Paradise, yang akan diluncurkan dengan soft opening pada tanggal 8 Mei 2023. Pengunjung akan dapat menikmati pengalaman menarik, termasuk bertemu dengan burung-burung langka dari berbagai belahan dunia. Bird Paradise terletak di kawasan Mandai Wildlife Reserve yang juga merupakan rumah bagi Night Safari, River Wonders dan Singapore Zoo.
Selain itu, Singapura memiliki atraksi terkini lainnya seperti Peranakan Museum yang baru saja diremajakan, serta yang akan datang seperti fasilitas olahraga terpadi Trifecta, Sentosa Sensoryscape, dan Kapal Pesiar Disney yang akan mulai berlayar dari Singapura di tahun 2025.
Masih banyak lagi event seru yang akan hadir di Singapura. STB pun sudah memberikan jadwal yang terdiri dari Van Gogh: The Immersive Experience di Resorts World Sentosa (1 Maret - 1 Oktober 2023), Wellness Festival Singapore (17 Juni - 9 Juli 2023), Singapore Food Festival (19 - 30 Juli 2023), Grand Prix Season Singapore (8 - 17 September 2023), dan banyak lagi. Selain itu, Singapura menjadi tuan rumah beberapa acara MICE internasional, seperti Asia Tech x Singapore (6 - 9 Juni 2023), FIND - Design Fair Asia 2023 (21 - 23 September 2023), dan Singapore Fintech Festival (15 - 17 November 2023).
Melihat berbagai event dan tempat seru di Singapura, apakah kamu sudah tidak sabar berlibur ke Negeri Singa?
(tim/alm)