Google for Indonesia (G4ID) kembali diselenggarakan pada tahun 2022 ini. Edisi Ke-7 dari G4ID sendiri berlangsung secara tatap muka di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada hari Rabu (7/12/2022) kemarin. Mengusung tema Bersatu Bangun Indonesia Terdepan (United in Building a Future-Ready Indonesia), Google berkolaborasi dengan para pemimpin Indonesia dari berbagai industri, pemerintah, serta mitra lokal, guna menciptakan solusi nyata bagi masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi.
Persembahan kolaboratif ini juga meliputi kiat-kiat membangun bisnis yang adaptif di masa perubahan, penyuluhan penggunaan internet dengan aman dan bijak, serta upaya edukasi ragam keterampilan baru untuk masyarakat, agar memiliki skill dan kompetensi yang bersaing di dunia profesional.
Pada acara ini, G4ID 2022 turut menghadirkan para pemimpin industri hingga pejabat terkait di Indonesia untuk menyampaikan gagasan inspiratif masing-masing. Mulai dari Menko Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, hingga sederet pimpinan Google yang bertugas di regional Asia-Pasifik dan Indonesia.
Main Keynote Speakers di G4ID 2022/ Foto: Istimewa |
(Ki-Ka) Sandiaga S. Uno (Menparekraf RI), Yossi Matias (Vice President, Engineering & Research, Google), Megawaty Khie (Country Director, Google Cloud Indonesia), Randy Jusuf(Managing Director, Google Indonesia), Luhut B. Pandjaitan (Menko Marves RI), Scott Beaumont (Google APAC President), Kate Beddoe (Director of News Partnerships, Google APAC), Putri Alam(Dir. of GA & Public Policy, Google Indonesia), dan Gautam Anand(VP, YouTube APAC) /Foto: Istimewa
Program-Program Kolaboratif Google for Indonesia
Selama tujuh tahun ke belakang, Google telah aktif berkontribusi pada berbagai bidang krusial di Indonesia. Mulai dari mendanai berbagai program untuk redaksi, jurnalis, mahasiswa, orang tua, dan anak sekolah untuk memupuk kemampuan berpikir kritis dan kemampuan mengecek fakta. Sementara di tahun 2022 ini, Google kembali menyalurkan beberapa manfaat konkret lainnya.
Beberapa kolaborasi multipihak yang diselenggarakan di acara G4ID 2022 kemarin, di antaranya:
- Memberikan pendanaan kepada CekFakta dan GNI Indonesia Training Network untuk membantu melawan misinformasi menjelang pemilu nasional tahun 2024.
- Google.org, lembaga filantropi milik Google, memberikan dukungan kepada Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) untuk menjalankan program Akademi Digital bagi Lansia dan Remaja Cerdas pada tahun 2023.
- Bersama dengan Oxford Economics, Google merilis laporan tentang dampak YouTube yang berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.
- Mendanai program uji coba bernama Google Play x Unity Game Developer Training yang bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi Unity kepada mahasiswa dan developer profesional.
- Kembali mengadakan program Bangkit, yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (di bawah program Kampus Merdeka) GoTo, Traveloka, DeepTech, dan beberapa universitas lain untuk Angkatan 2023.
- Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menghadirkan Project Green Light di Jakarta dalam upaya mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kualitas udara di ibu kota negara.
Aktivasi Interaktif dari G4ID
Selain menghadirkan sederet pembicara inspiratif dan meluncurkan program-program kolaboratif yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia secara lebih meluas, G4ID yang akhirnya diselenggarakan tatap muka setelah terakhir dihelat tahun 2019 lalu, juga mempertunjukkan G4ID Experience Zone.
Google for Indonesia Experience Zone merupakan serangkaian wahana interaktif berupa booth pameran tematik, yang mewakili setiap program yang saat ini tengah diupayakan Google. Misalnya Google for Education - Sekolah untuk Negeri; Teater Bangkit; Stasiun Keamanan Digital; Google Lens - Carinah; Google Play Store - Pasar Nusantara; Warung YouTube.
Aktivasi/ Foto: Istimewa |