Ketika Industri ritel terus bergerak dinamis, Navya Retail Indonesia membuktikan kesiapannya menghadapi perubahan dengan strategi ekspansi yang agresif. Memasuki tahun 2025, Navya yang berfokus pada segmen sports dan active lifestyle terus berupaya memperkuat posisi jenama premium yang mereka usung ke pasar Indonesia.
Selain adidas, Dope & Dapper, Sun & Sand Sports, dan Vans, awal tahun ini Navya resmi menambahkan Timberland ke dalam portofolionya. Sejak berdiri pada 2017, Navya Retail Indonesia konsisten memperluas jangkauan dengan menambah gerai, memanfaatkan teknologi, serta mengembangkan lini bisnis.
Christine Octavia, Regional General Manager Navya Retail Indonesia, menegaskan bahwa perusahaan selalu bergerak mengikuti evolusi tren pasar.
"Kami berkomitmen untuk selalu berkembang bersama brand yang kami bawakan. Fokus kami tetap pada sports dan active lifestyle, karena di situlah keahlian kami. Kami ingin memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi konsumen dengan menghadirkan produk yang relevan," ujarnya.
Dari Outdoor ke Urban Streetwear
Sebagai tambahan terbaru dalam lini bisnis Navya, Timberland yang sejauh ini dikenal sebagai brand spesialis produk outdoor meliputi footwear, apparel, dan aksesorinya turut menampilkan pesonanya sebagai simbol streetwear terkini.
"Timberland tidak lagi dikenal dengan produk-produk fungsional untuk aktivitas luar ruang, tetapi juga memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pecinta street fashion. Itulah mengapa kami yakin brand ini cocok untuk melengkapi portofolio Navya Retail Indonesia," tambah Christine.
Strategi ekspansi Navya ditampilkan dalam acara Navya SS25 Gathering yang digelar di Stalk Jakarta pada 27 Februari 2025. Acara ini menjadi ajang untuk memperkenalkan koleksi terbaru dari adidas, Sun & Sand Sports, Vans, dan Timberland.
Fabiandi, Head of Marketing Navya Retail Indonesia, menyoroti perbedaan karakter setiap brand dalam menarik pasar Indonesia: Adidas, dengan koleksi Originals dan Performance, tetap menjadi salah satu brand terkuat; Dope & Dapper menghadirkan sneakers serta streetwear global; Sun & Sand Sports, menawarkan 14 merek sports & active lifestyle; Vans konsisten dengan dunia action sports, seni, musik, dan street culture; sedangkan pendatang baru, Timberland, semakin identik dengan gaya outdoor dan petualangan.
![]() |
Ekspansi Pasar
Hingga saat ini, Navya Retail Indonesia telah mengoperasikan lebih dari 70 gerai yang tersebar di berbagai kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan, Pekanbaru, dan Balikpapan. Rinciannya mencakup 24 gerai adidas, 2 gerai Dope & Dapper, 1 gerai Sun & Sand Sports, 36 gerai Vans, dan 14 gerai Timberland.
Menariknya, geliat Navya Retail di tahun 2025 tidak berhenti pada ekspansi fisik. Kehadiran Navya secara daring juga diperkuat tahun ini; layanan Shop From Home dan kehadiran di berbagai platform e-commerce, seperti produk original Vans yang tersedia di Shopee Mall Indonesia, sejak awal tahun 2025. Timberland yang datang kemudian juga akan dibuatkan kanal e-commerce serupa.
Di lain sisi, selain menambahkan brand baru dan menerapkan strategi ekspansif, Navya juga mantap menjadi destinasi utama bagi atlet, penggemar olahraga, serta komunitas gaya hidup aktif di Indonesia.
Mengejawantahkan filosofi nama "Navya" yang berasal dari bahasa Sanskerta, berarti "muda" dan "modern", Navya juga akan memperkuat kampanye jenama-jenamanya dengan mendukung sejumlah wajah lokal. Misalnya, ikut menggaungkan band metal perempuan asli tanah air, Voice of Baceprot, sebagai global ambassador untuk Vans, atau menampilkan penyanyi solo Baskara Putra (Hindia), hingga skateboarder muda Basral Graito.
(RIA/DIR)