Bicara tentang sepatu lokal selalu hit or miss. Akui saja kalau tidak semua orang yang menjadi "pemerhati" sepatu mau menggunakan produk brand Indonesia. Kalau ternyata sudah muncul keinginan membelinya pun, biasanya karena lagi hype atau memang budget saat itu hanya bisa menyentuh sepatu lokal. Namun, seiring berkembangnya industri yang pelan tapi pasti menunjukkan tanduknya, kita harus lebih yakin dalam memberikan apresiasi terhadap para pelaku di balik industri ini. Salah satunya kepada Kanky yang berani membuka divisi baru, yakni Kanky Basketball lewat rilisan perdananya, Kanky Basketball RC-01.
Inovasi Kanky Basketball RC-01
Movement Kanky selama beberapa waktu terakhir selalu berfokus dengan sneakers yang cenderung menyentuh ranah lifestyle. Ketika kita coba tarik lebih dalam ke area sports, baru ada produk collab bersama dr. Tirta untuk running yang saat ini masih dalam proses perilisan keduanya. Bahkan sang dokter sendiri masih mencoba melakukan test drive dari produk kolaborasi tersebut, yang menjadi bukti betapa kekuatan marketing akan semakin baik ketika didukung R&D yang juga sama briliannya.
Kabar tentang divisi terbaru Kanky Basketball sudah sempat terdengar beberapa bulan terakhir. Didukung oleh salah satu pilar terbaik dalam dunia streetballer Indonesia, Rico Lubis, sebagai creative director, penantian panjang untuk melihat produk perdana dari divisi ini akhirnya terjawab. Kanky Basketball RC-01 menjadi kelahiran pertama kolaborasi Rico bersama Kanky.
Melihat beragam postingan Instagram @sepatukanky, mereka melebarkan sayap ke sepatu basket dengan sebuah misi mulia: bagaimana sekarang waktunya para pegiat basket bisa semakin mudah menemukan sepatu untuk dimainkan di lapangan dengan desain yang lebih dekat ke arah lifestyle, tanpa melupakan kenyamanan yang diwajibkan.
Ada sedikit perasaan takut tentang feedback konsumen terkait Kanky Basketball RC-01 ketika belum di-reveal. Apakah akan terlihat cheap dengan colorways vibrant yang cenderung norak jika kita berniat mengambil survey masyarakat atas warna-warna tersebut? Belum lagi, dengan desain yang masih belum terbayangkan sebelumnya. Untungnya, semua ketakutan itu terpatahkan dengan sendirinya.
Desain Kanky Basketball RC-01 menggunakan desainĀ low cut yang saat ini menjadi favorit karena membuat bobot semakin enteng dan pergerakan menjadi lebih mudah. Lalu tarikan desain yang dikreasikan Rico memiliki vibe yang cukup merepresentasikan kebutuhan lifestyle serta detail presisi di atas lapangan. Bahkan berhasil membuat saya langsung teringat dengan desain sepatu basket Anta dan Under Armour. Ditambah lagi dengan desain logo yang jauh dari kata "norak". Jadi, mau dicetak dengan ukuran besar pun tetap tidak membuat keseluruhan tampilan sepatu ini terdegradasi. Kudos untuk seluruh tim Kanky.
Kebesaran nama Air Jordan yang membuat sepatu basket menjelma menjadi sneakers menjadi misi lain dari Kanky Basketball. Mereka menginginkan sepatu ini tidak hanya dibeli oleh para pemain basket beneran atau pelaku fun basketball saja, tapi juga bisa menjadi orang-orang yang ingin punya sepatu basket yang bisa menggantikan peran Air Jordan dengan harga yang berkali-kali lipat lebih terjangkau. Dan itu sangat bergantung dari colorways yang dipilih.
Kiprah Rico di industri streetwear Indonesia selama belasan tahun cukup menjadi bekal baginya dalam menghadirkan kombinasi warna yang tepat. Khusus untuk rilisan perdana, ia memilih warna-warna yang cenderung netral. Ada empat colorways yang dirilis, dari Grey D. Grey, White L. Grey, Black L. Green, dan Beige Coffee yang dipastikan paling laku karena bisa membuat Kanky Basketball RC-01 menjadi andalan di luar lapangan.
Jadi, kira-kira kapan kita bisa membeli sepatu Kanky Basketball RC-01? Saat ini Kanky baru menjualnya lewat offline event saja. Setidaknya kita perlu bersabar sedikit agar kebutuhan stok bisa memenuhi permintaan dari semua konsumen, khususnya via marketplace. Daripada menjadi barang gaib, lebih baik siapkan perilisan Kanky Basketball RC-01 sebaik mungkin agar bisa dinikmati semua orang dengan mudah. For the love of the game, right?
(tim/alm)