Brand fashion asal Spanyol, Zara, yang merupakan bagian dari kelompok Inditex, akan mengembangkan penawarannya dalam hal menjual, memperbaiki, atau mendonasikan pakaian bekas di Prancis. Layanan ini, yang akan diluncurkan pada tanggal 7 September, dapat diakses melalui toko fisik Zara, situs web resmi, dan aplikasi mereka. Layanan serupa telah sukses diterapkan untuk masyarakat di Inggris sejak bulan Oktober yang lalu, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.
Zara Pre-Owned, tersedia di situs web dan aplikasi Zara, dibuat dengan tujuan mempromosikan praktik mode yang berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan masa pakai pakaian Zara, sehingga dapat berkontribusi dalam mengurangi limbah dan mengurangi penggunaan bahan baku baru yang lebih sedikit.
Zara Ekspansi Layanan Pakaian Bekas, Ini Key Service Zara
Zara Pre-Owned ini memiliki 3 key service yang dapat dimanfaatkan, berikut ini adalah penjelasannya:
Clothing repair service
Pelanggan Zara baik yang berbelanja di toko fisik maupun online akan memiliki opsi untuk mendapatkan perbaikan untuk pakaian Zara bekas mereka. Layanan ini menawarkan berbagai pilihan perbaikan, mulai dari mengganti kancing hingga menjahit ulang. Pelanggan dapat dengan mudah melacak permintaan perbaikan mereka secara daring atau mereka dapat langsung membawa barang mereka ke toko Zara terdekat atau pilihan mereka.
Purchase and sale between customers
Platform "Pre-Owned" juga menawarkan online marketplace di mana individu dapat membeli dan menjual produk Zara milik mereka dengan aman. Zara memastikan keamanan dalam proses transaksi dan pengiriman produk, dengan dukungan layanan pelanggan yang tersedia untuk pengguna.
Clothing donation
Pelanggan Zara dapat memilih layanan pengambilan pakaian bekas Zara mereka di rumah atau langsung menaruhnya di kontainer yang terdapat di semua toko Zara di Prancis, pakaian yang diberikan kepada Zara akan didonasikan ke asosiasi Le Relais, dengan tujuan memberikan pakaian tersebut kepada yang membutuhkan sekaligus mendukung pengembangan komunitas.
Paula Ampuero, manajer pengembangan berkelanjutan di Zara.com, percaya bahwa inovasi sangat penting untuk pengembangan masa depan yang lebih sustainable. "Which is why we are actively and collaboratively working to find and scale solutions in order to configure an increasingly sustainable value chain," ungkap Ampuero.
Inisiatif-inisiatif ini diharapkan dapat mengurangi emisi dari Grup Inditex sebanyak lebih dari 50% pada tahun 2030, dengan tujuan jangka panjang untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2040, yang disertai dengan pengurangan emisi sebesar minimal 90%.
Kira-kira, kapan Zara Pre-Owned ini bisa sampai ke Indonesia, ya?
(DIP/alm)