Sejak adanya akun @Partaisocmed di Twitter-yang tanpa henti menyorot keluarga pejabat Indonesia dengan berbagai fashion item yang branded-Hermès Birkin menjadi salah satu item yang sering dipamerkan. Jenis handbag yang satu ini memang sudah sangat umum diketahui sebagai fashion staple yang menyimbolkan kemewahan.
Tak heran apabila mereka yang memiliki Hermès Birkin dianggap datang dari kelas sosial yang tinggi. Selain karena harganya yang melambung tinggi, mengapa Hermès Birkin ini menjadi suatu barang yang sangat dielu-elukan, ya?
Sejarah Tas Hermès
Mengulas sedikit sejarahnya, Hermès Birkin ini pertama kali muncul semenjak aktris Jane Birkin bertemu dengan CEO Hermès, Jean-Louis Dumas saat penerbangan ke London dari Paris di tahun 1984. Pada saat berbincang-bincang, Jane Birkin mengatakan bahwa ia ingin memiliki tas yang fungsional dan stylish sekaligus.
Perbincangan ini pun mengarahkan Hermès pada karya handbag Birkin yang hingga saat ini masih menjadi sebuah tren di kalangan sosialita. Tas-tas yang dibuat oleh Hermès menggunakan kulit yang berkualitas premium dan cara merakitnya pun seluruhnya menggunakan tangan.
Setiap tas yang dibuat Hermès, dipotong, dijahit dan dipoles oleh seorang pengrajin yang sudah dilatih oleh Hermès selama lima tahun lebih, sampai akhirnya diberikan kepercayaan untuk melakukan pembuatan Birkin atau kelly. Dengan pembuatan yang sangat memperhatikan detail dan kualitas bahan, produk yang dihasilkan pun memiliki mutu tinggi.
Untuk ukurannya, birkin bag ini hadir dengan 4 ukuran umum, yaitu Birkin 25, Birkin 30, Birkin 35, dan Birkin 40. Untuk Birkin 20 yang merupakan ukuran terkecilnya hanya tersedia sebagai Limited Edition Birkin Faubourg. Ukuran Birkin ini ditentukan oleh panjang tas tersebut dalam sentimeter.
Contohnya, Birkin 25 memiliki ukuran panjang 25 sentimeter dan begitu pula untuk ukuran lainnya. Birkin 25 dan Birkin 30 merupakan ukuran yang cukup umum dan sering dipilih oleh para pecinta Hermès. Sedangkan Birkin 35 dan Birkin 40 yang memiliki ukuran cukup besar sering digunakan sebagai tas travel karena interiornya yang memiliki muatan lebih.
Tak Sekadar Membeli Tas Biasa
Mendapatkan tas Hermès Birkin bukanlah hal yang mudah untuk setiap orang. Birkin Bag tidak tersedia untuk dibeli di website Hermès. Bagi pelanggan yang ingin membeli harus langsung mendatangi butik. Tapi, jangan harap untuk melihat tas ini di display toko ya.
Untuk membeli tas Hermès, pelanggan harus melakukan pemesanan dan pelanggan juga diharuskan memiliki purchase history dengan Hermès sebelumnya. Selain itu, Butik juga memang hanya diperbolehkan memesan Birkin dalam jumlah terbatas sebanyak dua kali saja dalam setahun.
Membangun profile melalui purchase history adalah hal yang harus dilakukan apabila seseorang sangat menginginkan sebuah Hermès Birkin yang didapat langsung dari butik. Sehingga, membeli berbagai produk Hermès seperti scarves, belts, jewelry, koleksi ready-to-wear, makeup, dan yang lain sebagainya adalah sebuah tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu.
Ketika seseorang sudah membangun profilnya yang menunjukkan bahwa ia adalah pelanggan setia Hermes, maka ia akan memberikan kesan yang baik pada para Sales Associates sampai akhirnya pelanggan tersebut akan ditawarkan sebuah tas Birkin dari Hermès. Namun, jangan harap pelanggan tersebut akan langsung mendapatkan tas Birkin yang diimpikan.
Sebab untuk mendapatkan tas Birkin yang sesuai dengan pesanan, pelanggan tersebut harus menjadi pelanggan VIP terlebih dahulu. Membangun relasi yang baik dengan Sales Associates dengan sering melakukan kunjungan dan pembelian adalah langkah yang harus dilakukan dari waktu ke waktu untuk menjadi pelanggan yang benar-benar "dipercaya" untuk membeli Birkin.
Untuk mendapatkan sebuah tas mewah, Hermès memang memiliki regulasi tersendiri yang cukup rumit, ya? Harga untuk sebuah tas Hermès Birkin ini pun juga dianggap sebagai sebuah investasi bagi mereka yang memang paham dan tertarik dengan luxury fashion items.
Bagaimana tidak, tas Birkin dari Hermès ini pada peluncuran pertamanya memiliki harga jual sebesar $2,000 pada tahun 1984. Kini, tas Birkin dengan standard leather berharga sekitar $10.000 sedangkan untuk Birkin dengan croco leather dan bertahtakan berlian dijual dengan harga $200.000.
Akibat demand yang tinggi dan supply yang sedikit untuk sebuah Hermès Birkin, tas yang satu ini sudah pasti menjadi suatu investasi yang sangat besar harganya. Setiap produk Birkin, terlebih lagi yang merupakan sebuah koleksi limited edition atau discontinued dalam hal jenis kulit dan warna, sangat menarik perhatian para kolektor tas.
Dengan mengetahui seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk menjadi pelanggan yang dipercaya, memang produk yang satu ini hanya bisa diakses oleh orang-orang yang memiliki kemampuan finansial yang di atas rata-rata saja. Jadi, untuk mereka yang berpikir "mending beli tas ini atau tas itu", ya memang Hermès Birkin ini bukan untuk kaum 'mendang-mending' seperti itu.
(DIP/DIR)