Ketika memulai suatu usaha atau bisnis, pengetahuan soal literasi finansial dan digitalisasi UMKM sangat penting saat ini. Kita sebagai anak muda, tentu punya andil juga untuk mempercepat kemajuan ekonomi Indonesia dari bisnis yang kita bangun. Untuk itu, PT SRC Indonesia Sembilan, perusahaan pengelola jaringan toko kelontong modern Sampoerna Retail Community (SRC), menandatangani sejumlah nota kesepahaman (MoU) strategis dengan sejumlah pihak, agar dapat melancarkan proses perputaran ekonomi di kalangan masyarakat.
Berlangsung pada Senin (17/3), penandatanganan ini dihadiri oleh jajaran direksi PT HM Sampoerna Tbk, Philip Morris International, serta sejumlah pejabat tinggi pemerintahan seperti, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman, dan Menteri Perdagangan, Budi Santoso. Prosesi penandatanganan MoU ini juga disaksikan langsung oleh ribuan pelaku UMKM, yang tergabung dalam SRC dari seluruh Indonesia.
Upaya peningkatkan akses layanan keuangan bagi pelaku UMKM ini ditandai dengan penandatanganan MoU Percepatan Literasi Finansial UMKM antara PT SRC Indonesia Sembilan, yang diwakili Direktur PT SRC Indonesia Sembilan, Romulus Sutanto, dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, yang diwakili oleh Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto.
![]() |
Kerja Sama Antar Lini
Selain menyepakati kesepahaman kerja dengan BRI, PT SRC Indonesia Sembilan juga menandatangani MoU Pelaksanaan Program Panel Rumah Pangan Kita dengan Perum Bulog, yang diteken oleh Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita.
Tak hanya itu, upaya kolaboratif ini juga melibatkan PT Pos Indonesia (Persero), diwakili oleh Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi. Penandatanganan ini mencakup kerja sama dalam Pelaksanaan Program Ekspansi PosAja Drop Point dan Perluasan Distribusi Materai.
Sebagai langkah mendukung digitalisasi UMKM, PT SRC Indonesia Sembilan turut memperluas kerja samanya dengan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), melalui MoU Akselerasi Digital Ekosistem UMKM SRC, yang mengandalkan Value Creation Telkomsel untuk Toko SRC.. Nota kesepahaman ini dilegalisir oleh Direktur Penjualan Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit bersama Romulus Sutanto.
Jaringan SRC
Sampoerna Retail Community merupakan jaringan toko kelontong yang dikelola oleh PT SRC Indonesia Sembilan, yang telah memiliki lebih dari 250 ribu anggota di seluruh Indonesia.
SRC sendiri berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui akses layanan finansial, distribusi yang lebih luas, serta pemanfaatan teknologi digital.
![]() |
Dengan terlaksananya penandatanganan sejumlah MoU ini, seluruh pihak yang terlibat berharap perkuatan ekosistem UMKM yang lebih berdaya saing serta adaptif dengan perkembangan ekonomi digital bisa saat ini dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien.
(cxo/DIR)