Dalam membangun bisnis yang berkelanjutan, tujuan finansial semata tentu tidak cukup. Dampak positif yang dihasilkan bagi sekitar akan menunjang suatu bisnis untuk terus berkembang dan maju. Hal inilah yang mendasari pembahasan Magdalena Fridawati dan Hanna Keraf di OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI edisi Medan.
Magdalena Fridawati atau biasa dikenal sebagai Mgdalenaf mungkin lebih diketahui dari profesinya sebagai content creator atau food vlogger—dengan 7 juta pengikut di channel YouTube—namun ia juga merupakan seorang entrepreneur yang berangkat dari pemikiran kreatif dalam mengembangkan bisnisnya hingga pada titik sekarang ini.
Magdalena memulai food blogging sejak tahun 2015, ketika ia masih berkuliah di jurusan Kriminologi Universitas Indonesia. Mulai tahun 2017, ia merambah medium video untuk membangun narasi yang lebih intim sambil juga memperlihatkan persona diri. Pada awalnya, semua aktivitas ini dijalani Magdalena sendirian. Banyaknya makanan yang Magdalena cicipi sedikit demi sedikit terkumpulkan menjadi database yang masif. Akhirnya, pada 2019 Magdalena memutuskan untuk memanfaatkan database ini menjadi sesuatu yang baru; festival kuliner bernama Barbarzaar yang mengumpulkan hampir 150 tenant makanan favoritnya dari berbagai daerah di Indonesia.
Karena pandemi COVID-19 pada tahun 2020, Barbarzaar batal untuk diadakan kembali. Situasi ini membuat Magdalena memikirkan apa lagi yang bisa ia buat. Berangkat dari kegemarannya untuk makan pedas, ia membuat brand sambal yang merupakan bentuk eksplorasinya terhadap kekayaan kuliner Indonesia. Soal kontennya, Magdalena juga tidak hanya berhenti di format review yang biasa ia buat. Program Magdalena sekarang juga membahas mengenai cerita di balik tiap UMKM yang ia kunjungi dan angkat.
"Banyak aspek-aspek yang bisa dieksplorasi soal makanan selain rasa, seperti narasi dan cerita di balik hidangan dan UMKM yang menyajikannya," ungkap Magdalena. Selain memberi spotlight bagi UMKM, ia juga kerap memberikan investasi dan konsultasi bagi sejumlah UMKM terpilih.
Tidak berhenti di situ, Magdalena juga membuat media mengenai kuliner yang bernama Makan Online. Seluruh usahanya ini membuatnya dinobatkan sebagai Impactful Creator Indonesia oleh Google pada 2022. Dalam membangun bisnisnya, ia menyatakan bahwa lanskap yang selalu berubah bisa dihadapi dengan beradaptasi dan berpikir kreatif. Mulai dari hobi makan, ia melihat peluang untuk menjadikannya usaha, yang kemudian bisa memberikan dampak positif bagi pelaku usaha di sekitarnya.
Sesi pertama OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI edisi Medan berlanjut ke pembicara Hanna Keraf, co-founder dari Du Anyam. Du Anyam sendiri merupakan social enterprise yang mengangkat kerajinan anyaman karya perempuan ke pasar yang lebih luas.
Usaha ini dimulai Hanna dari pengetahuannya terhadap tradisi turun temurun di desa yang merupakan basic dari tiap keluarga di Flores. Nama Du Anyam sendiri berasal dari Bahasa Flores yang berarti "ibu menganyam". Hanna melihat bahwa di tanah asalnya, perempuan banyak mengalami kesulitan uang tunai karena potensi pekerjaan yang terbatas. Adanya pasar yang potensial bagi produk-produk kerajinan membawa Hanna untuk memulai Du Anyam bersama teman-temannya pada 2014 di Nusa Tenggara Timur.
Dengan jaringan dan knowledge yang dimiliki, Du Anyam mengedukasi perajin-perajin lokal untuk bisa menghasilkan produk dengan kualitas yang konsisten dalam skala yang lebih besar. "Yang kami lakukan adalah mengarahkan perajin lokal untuk bisa meningkatkan standar dan konsistensi produksi seperti pada pabrik, namun dalam basis komunitas," kata Hanna. Kini, produk dari Du Anyam diproduksi di Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan. Bahkan, Du Anyam menjadi merchandise resmi dari Asian Games 2018 kemarin.
Selain memberdayakan perempuan dan meningkatkan ekonomi, Du Anyam juga mempromosikan budaya lokal. Melalui usahanya, Du Anyam juga melakukan regenerasi perajin ke basis usia yang lebih muda agar tradisi anyaman tidak terputus di generasi perajin sekarang.
Keseruan tidak berhenti di situ saja, karena setelah sesi yang inspiratif ini, OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI edisi Medan juga mengadakan permainan Kahoot bagi seluruh pengunjung. Kelima pemenang dari sesi game ini juga mendapatkan TapCash bersaldo Rp100.000 dari BNI.
Tidak ingin ketinggalan keseruan OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI edisi Malang? Kamu bisa membeli tiket yang dibandrol dengan harga Rp150.000 di event.detik.com. Khusus pengguna Kartu Debit atau Kredit BNI, kamu bisa mendapatkan tiket OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Malang hanya dengan harga Rp100.000 saja!
Yuk, dapatkan tiket OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Malang sekarang dengan klik di sini. Bakal ada promo menarik juga dari BNI di OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI yang akan membuat event ini lebih memorable untukmu! Detail lebih lanjut mengenai promonya, bisa kamu cek di bit.ly/PROMOBNICPC2023.
(ari/DIR)