Tidak ada yang pernah bisa memprediksi seperti apa masa depan manusia kelak. Sedikit banyak kita telah diberikan sebuah teaser bahwa pekerjaan manusia akan lebih banyak diambil oleh teknologi namun ada satu hal dari manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yakni kreativitas. Berangkat dari alasan inilah myBCA x brightspotMRKT 2024 mencoba memberikan pandangan dari sisi lain dari masa depan.
Mengusung tema "Future Perfect", myBCA x brightspotMRKT 2024 mencoba meyakinkan bahwa ada kreativitas manusia yang bisa dibilang tak terbatas tidak akan pernah bisa ditiru menyeluruh oleh mesin atau robot. Selain itu, tema ini juga ingin memberikan highlight bahwa kesejahteraan pribadi di masa depan yang sempurna bisa tercipta saat interaksi antarindividu kreatif terus terjadi di ruang-ruang publik.
"Kehidupan kita sudah di-support oleh AI, tetapi bukan berarti AI akan menggantikan manusia, justru malah membantu. Maka dalam [industri kreatif] ini harus saling membantu dengan kreasi kita. Kalau sebelumnya kita merayakan masa lalu di Ratu Plaza, kita ingin memperkuat pemikiran bahwa di masa depan itu kreativitas sangat penting dan akan membuat dunia lebih baik," kata salah seorang founder brightspotMRKT, Anton Wirjono, dalam konferensi pers myBCA x brightspotMRKT 2024 di Agora Thamrin Nine, Selasa (24/9).
Menjawab tren masa depan yang dinamis, brightspotMRKT menekankan pentingnya mengadopsi konsep "Renaissance person", di mana individu masa depan perlu memiliki keterampilan lintas disiplin untuk memastikan pertumbuhan ekonomi kreatif yang adaptif, dan berkelanjutan. Dengan mengurasi local brand yang tidak hanya memiliki keunikan dan kreativitas dalam berkarya namun juga menerapkan praktik usaha berkelanjutan yang future-proof.
Tenant-Tenant Baru Hadir Meriahkan brightspotMRKT
Dari lebih dari 1.300 submission yang diterima, terpilih 228 brand terkurasi, dengan 40% di antaranya merupakan brand baru yang berasal dari berbagai kota seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, dan beberapa kota lainnya. Menariknya, banyak brand unggulan justru datang dari luar Jakarta. Hal ini menegaskan bahwa kreativitas tidak lagi terpusat di ibu kota, melainkan mulai bergerak menyebar merata ke seluruh Indonesia.
BrightspotMRKT selalu mengusung prinsip bahwa brand lokal tidak harus diasosiasikan dengan harga murah dan kualitas standar; justru, banyak brand lokal yang mampu bersaing dalam hal kualitas dengan merek internasional. Lebih dari itu, brightspotMRKT juga sangat memperhatikan keberhasilan para tenant dengan mengimplementasikan sistem satu POS (point of sales) yang terintegrasi, memastikan bahwa transaksi berjalan lancar dan memberikan pengalaman berbelanja yang efisien bagi pengunjung.
Bukan cuma itu, brightspotMRKT kali ini berada di tempat baru yakni Agora Thamrin Nine akan memberikan nuansa yang berbeda pula. Director of lifestyle Thamrin Nine, Sandrina Martin, mengatakan bahwa menjadi tuan rumah brightspotMRKT di Agora Mall merupakan langkah penting untuk memperkuat posisi mereka sebagai pusat kegiatan sosial dan komunitas yang dinamis sejak dibuka secara resmi di bulan Agustus 2024.
"Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi kami dalam mendukung brand-brand lokal dan membangun hubungan dengan generasi muda, menciptakan pengalaman yang imersif dan berkesan. Apalagi Agora Mall bukan hanya menjadi tempat berkumpul dan menikmati beragam atraksi, tetapi juga menjadi simbol gaya hidup berkelanjutan di Jakarta. Dengan berlangsungnya brightspotMRKT, kami berkomitmen menyediakan ruang yang estetik sekaligus fungsional, di mana kreativitas dan ide-ide inovatif dapat berkembang, serta menjadi destinasi utama dalam gaya hidup urban Jakarta," ujar Sandrina.
Bekerja sama kembali dengan MRT Jakarta, para pengunjung akan dimanjakan dengan kemudahan akses tempat untuk ke brightspotMRKT kali ini. Pengunjung dapat menikmati perjalanan yang lancar berkat jalur pejalan kaki yang nyaman dari Agora Mall Thamrin Nine ke MRT Dukuh Atas, menghindari masalah parkir dan kemacetan yang sering terjadi.
"PT MRT Jakarta (Perseroda) selalu memastikan keterjangkauan dan kenyamanan akses ke ruang publik melalui lokasi strategis, seperti Brightspot. Kami menyediakan layanan transportasi yang mudah diakses, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengeksplorasi potensi kreatif kota dan membuka peluang bagi pelaku ekonomi kreatif lokal terutama yang lokasinya berdekatan dengan MRT." ujar Angga Satria Perdana, department head corporate communication & branding PT MRT Jakarta Perseroda.
Nah, soal belanja-belanja, kamu tidak perlu bingung sebab brightspotMRKT yang bekerjasama dengan myBCA akan memberikan kemudahan finansial agar kamu semakin nyaman ketika membeli berbagai barang di sana. Selain mudah untuk melakukan transaksi, myBCA juga menawarkan promo eksklusif yang bisa dimanfaatkan oleh tenant dan pengunjung.
"Untuk kami memberikan voucher belanja sampai Rp200 ribu yang bisa digunakan lagi sebagai alat bayar di semua tenant brightspotMRKT," ujar senior vice president BCA, Dody Santosa Iswan.
Buat kamu yang sudah tidak sabar untuk datang ke brightspotMRKT, event kali ini akan berlangsung di P3 Agora Thamrin Nine dari 26 - 29 September dan 3 - 6 Oktober 2024, menawarkan konsep unik yang memadukan kuliner, fashion, seni, dan musik dengan fokus pada gaya hidup berkelanjutan. Info lebih lanjut dan promo-promo menarik, kamu bisa intip di aplikasi Brightspot dan melalui media sosial @brightspotmrkt.
(DIR/alm)