Geliat industri sneaker di Indonesia memang tidak ada matinya. Setiap bulannya, kita akan melihat berbagai brand memasukkan produk-produk terbaru mereka di beragam toko yang tersebar di berbagai penjuru daerah, termasuk New Balance. Ya, nama brand yang satu ini harus diakui sedang menanjak tinggi bahkan melebihi beberapa pesaingnya seperti Nike dan Adidas. Sebenarnya, apa yang membuat New Balance semakin dikenal? Mengapa produk mereka menjadi pilihan pertama dari para konsumen yang sedang mencari sneaker terbaru?
New Balance Sebagai Sneaker Lifestyle
Bicara soal sneaker tidak bisa lepas dari penggunaannya yang lebih fokus kepada lifestyle, dibandingkan untuk performance. New Balance pun sedang mendapatkan spotlight berkat sneaker kategori lifestyle mereka. Sebut saja 2002R, 1906, dan 9060 yang menjadi trifecta dari siluet desain New Balance yang paling banyak dicari pada saat ini.
Kalau kalian memang sudah lama mengikuti perkembangan New Balance, ketiga model yang ditulis di atas terhitung baru. Pada masa kedatangan brand ini ke Indonesia dengan sneaker lifestyle, kita diberikan produk 574, 576, 990, 997, 998, hingga 1500. Desain yang cenderung klasik terus diterima oleh masyarakat. Namun pada masanya, New Balance sempat mengalami penurunan hype di Indonesia karena tidak ada model baru yang mampu menggebrak pasar sneaker di sini.
Beruntung, New Balance Indonesia memasukkan beberapa siluet baru yang memang lebih futuristik dengan model bulky, seperti 2002R, 1906, dan 9060 memang tidak langsung bisa diterima. Namun harus diakui memasuki tahun 2022, ketiga model tersebut menjadi yang paling dicari dan digunakan.
Keunggulan New Balance
Melihat judul di atas, tentunya sudah banyak keunggulan New Balance yang membuatnya menjadi semakin terkenal tanpa harus takut bersaing dengan brand besar lainnya yang tentunya memiliki strategi tersendiri.
Keunggulan New Balance yang pertama terlihat dari desain yang lebih outstanding. Mereka mampu memberikan perubahan dari yang terkesan classy menjadi futuristik, tapi tanpa perlu melupakan roots awal yang sudah dibangun. Contohnya model 327 yang memiliki desain trainer tapi terlihat stylish sehingga bisa menjadi sneaker lifestyle.
Selain desain yang outstanding, New Balance juga berani merilis barisan colorway secara masif. Lihat saja bagaimana kita selalu disajikan warna-warna baru setiap bulannya dari masing-masing model mereka. Konsumen menjadi lebih mudah untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan mereka karena mendapatkan update setiap jangka waktu tertentu. Pemilihan warnanya juga cenderung tidak norak dan memiliki warna yang kalem. Inilah yang membuat sneaker New Balance bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.
Dukungan yang diberikan oleh para retailer mereka, khususnya di Indonesia juga terbukti berhasil. Buktinya, kita bisa menemukan model-model yang cenderung rare dan banyak dicari di beberapa toko. Berbeda jauh dari Nike atau adidas yang hanya memilih toko tertentu untuk mendapatkan model-model terbaik mereka. Kemudahan untuk mengakses model sneaker New Balance dari yang regular hingga rare membuat para konsumen lebih mudah membelinya. Akhirnya, penjualan menanjak dan semakin banyak yang menggunakan New Balance.
Dari ketiga keunggulan yang telah diberikan di atas telah menjadi catatan emas New Balance untuk meningkatkan popularitas sekaligus penjualan. Kesan di mata konsumen yang juga semakin positif akhirnya membuat New Balance mendapatkan popularitas yang memang sudah layak mereka dapatkan dari segala bentuk desain, material, dan marketing yang tepat.
(tim/DIR)